Senin, 22 Oktober 2012

Mengenal Teknologi Hemat Energy pada RAM

                Pasti diantara kit semua sudah tau tentang jenis – jenis RAM,, apalagi jenis DDR3 yang sekarang merupakan kebutuhan memory computer saat ini.  Seiring perkembangan hardware dan kebutuhan pengguna, DDR3  ram juga di bagi ke 3 jenis kecepatan.   Namun dari sisi konsumsi daya, banyak diantara kita yang belum mengetahui terobosan baru dalam teknologi memory computer.

Seperti yang kita tahu, di dalam komputasi. DDR3 ram adalah singkatan dari Dual Data Rate bertipe 3 sinkronisasi Dynamic Random Access memory.   Yang dimana mulai pertama kali di kenalkan pada tahun 2007. Berbagai peningkatan baik dari segi bentuk dan juga kecepatan transfer sudah banyak diterapkan, namun dari sisi penggunan daya, baru – baru ini diluncurkan deri DDR3L-RS.. 

DDR3L sendiri merupakan cikal bakal pengembangan RAM hemat data yang diluncurkan lebih dulu.  “L” di belakang seri DDR3 memiliki arti “low-voltage” tau berdaya rendah.  Pada DDR3L, daya yang digunakan nya adalah 1,35V . mungkin perbedaan yang dilihat dari segi voltase sangat sedikit, dibandingkan dengn DDR3 biasa yang berdaya 1,5V.  Namun perlu anda ketahui, perkembangan zaman yang semakin maju mendorong perkembangan gadget yang portable dan ringan,, tentu masalah konsumsi daya adalah hal yang amat penting bagi pengguna gadget portable seperti PC tab atau ultra book yang sekarang sedang marak digunakan.  Nah,, Perbedaan yang tidak terlalu signifikan itu akan terasa jika diterapkan pada device – device tersebut, yang tentunya battery akan lebih tahan lama dan juga lebih sedikit panas yang ditumbulkan.

DDR3L-RS sendiri merupakan pengembangan dari DDR3L, yang dimana “RS” memiliki arti “Reduces Standby”. Ini merupakan salah satu solusi bagi semua teknologi berbasis mobile yang dirasakan kurang hemat daya. Pada seri RS, terdapat penggunaan teknologi mutakhir kelas 20nm dan efisien sangat efisien dalam mengelola daya pada saat device dalam keadaan standby, produk ini DDR3L-RS mengurangi 70% dari daya siaga(standby) dibandingkan dengan DRAM DDR3L yang dimana masih menggunakan kinerja DDR3L. DRAM DDR3L yang baru-baru ini muncul bekerja  di tegangan 1.35V, sedangkan DDR3 DRAM di 1.5V.
Hynix DDR3L-RS, salah satu RAM berbasis L-RS di pasaran.
 
Dengan hadirnya DDR3L-RS ini diduga mampu menjadi solusi memory terbaik pada pasaran ultra book dan juga tablet PC yang dimana digunakan untuk  mobilitas yang tinggi dan konsumsi daya yang hemat.  Dengan melihat segala perkembangan teknologi yang ada sekarangini, bisa di prediksi bahwa dikemudian hari, bukan tidak mungkin akan tercipta gadget super tipis dan ringan namun memiliki daya tahan yang luar biasa.
Samsung Series 9 900X3B, laltop tertipis saat ini.
  

10 komentar:

  1. Gan terima kasih banyak masukannya...

    BalasHapus
  2. gan mau nanya, kalo ditulis DDR3 - low voltage, sama juga ya dengan DDR3L ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bos, karna huruf L yg dibelakang angka 3 singkatan dari low voltage

      Hapus
  3. terima kasih informasinya
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. ram low voltage dipasang di laptop yang biasa pake normal voltage (1,5 volt) boleh g gan?

    BalasHapus
  5. Gan mau nanya nih, kalau pada slot ram (default) kita DDR3L kita pasangkan DDR3 apakah ada dampak tersendiri pada laptop yang akan kita gunakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga bakal detek ramnya. ram ddr3 butuh 1.5v sementara si notebook hanya mensuplai 1.35v.

      Hapus
  6. kalo ddr3 kita masukin ddr3l gimana gan ?

    BalasHapus
  7. maaf gan mau tanya apakah ram DDR3L 2GB Bisa di upgrade ke DDR3 4GB??

    BalasHapus