Senin, 01 Oktober 2012

Atasi Bunyi Derit dan "Ngik2 di pintu & jendela mobil..


    Hal yang amat menyebalkan kalo lagi bawa mobil eh ada bunyi "Ngik2..!".  hal ini yang mendorong gw buat benerin mobil sendiri (gak tahan bunyinya kaya ngeledek banget gitu..).  Setelah gw usut - usut.. ternyata sumber suara itu berasal dari pintu kiri depan mobil gw,,  langsung deh browsing dan nemu langkah buka doortrim pintunya..

     Langsung praktek,, mobil yg dipake adalah Toyota Avanza..  bahan2 yang diperlukan cuma obeng kembang & obeng min aja, dan satu lagi pasti silicon spraynya..

Langkah pertama,,
     Buka pengunci pintu dengan cara di putar berlawanan arah jarum jam, lalu congkel penutup lubang bawahnya juga..


     Lanjut dengan membuka segitiga penutup ujung pintu, caranya di tarik aja pelan2..   lalu buka knop penutup doortrim yang ada di pojok kanan atas pintu..  congkel pelan2, gunakan 2 obeng minus agar penyangga tidak patah saat di congkel.. 



     Selanjutnya, buka baut di handle pembuka pintu.. lepas handle dari besinya pengait dengan cara menangkat besi ke arah atas..  lalu tidak lupa buka juga baut di bagian panel power window,, lepaskan panel dari doorhandle dengan cara angkat bagian belakang panel terlebih dahulu, lalu lepaskan jack kabelnya dengan menekan pengunci jack..


     Jika semua sudah lepas ,, sekarang mulai buka doortrim dengan gerakan menghentak perlahan (hati2 awas patah)..  mulai dari bagian yang agak mudah saja, yaitu di bagian dekat speaker..  dilanjutkan dengan bagian lainnya..  (ada 10 lobang doortrim di pintunya.. ). Setelah semua klem udah terlepas,, angkat doortrim ke arah atas untuk melepasnya dari pengait di pintu..


     Nah,, kelihatan deh bagian dalem pintunya..  tarik aja plastik penutup bagian dalam pintu,, lalu mulai berikan pelumasan pada bagian bergerak dan bagian bergesekan yang ada di pintu tersebut..   baikknya gunakan silicon spray, soalnya bagus buat menghilangkan bunyi derit2, dan juga kandungan pada silikon spray tidak melukai karet - karet pengganjel kaca jendela..

      Setelah semua langkah dilakukan, gw kembali melakukan pengetesan kalo - kalo bunyi derit masih hinggap di pintu...  dan ternyata bener,, ketika mobil bergetar atau ada guncangan masih bunyi "ngik2.. !" (-,-)

    Merasa penasaran gw liat secara seksama per bagian dari pintu...  dan ternyata..  sumber bunyinya cuman dari baut speaker yang kendor..(@_@).  Stelah baut di kencengin, ilang deh tuh ngik2.. :D

Nih dia masalahnya..  (-,-")
     Problem udah SOLVED, sekarang pasang lagi deh semuanya...   untuk bagian plastik penutup pintu,, tempelkan aja di bagian bekas lemnya lagi, lalu di panasin dikit lemnya agar mencair, sambil di tekan biar rata dan lengket lagi..  biar praktis, pinjem dulu hairdryer nyokap.. :D
 

    Pasang semua komponen yang udah di lepas tadi...  selesai deh doortrimming pintu mobilnya..   gak usah jauh2 ke bengkel & hemat pula..  hhehe.. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar