Sabtu, 06 November 2010

Manusia dan Masyarakat


       Dalam menjalani kehidupan, setiap manusia pasti melalui banyak tahapan – tahapan untuk berkenbang dan tumbuh. Tahapan itu harus dilalui oleh setiap individu untuk tumbuh dewasa. Pada tahapan awal, manusia dilahirkan akan menjadi suatu individu. Pada masa ini, perkembangan untuk tumbuh sangat tergantung pada lingkungan keluarga tempatnya dilahirkan. Didalam keluarga, seorang individu akan mendapatkan bekal utama untuk hidup. Seorang anak akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan apa yang telah diajarkan oleh keluarganya kepadanya. Keluarga adalah lingkungan yang paling ideal bagi individu sebelum terjun ke dunia luar (masyarakat).

      Seorang anak akan tumbuh dan belajar dari keluarganya, setelah itu, anak akan mulai dikelankan pada lingkungan luar sekitarnya. Seperti sekolah, di sekolah anak akan sedikit demi sedikit dikenalkan pada lingkungan, dan juga mereka akan di didik dan diajarkan tentang kesopanan dan etika dalam bergaul di masyarakat agar mereka dapat berbaur dengan masyarakat nantinya. Proses ini terus berlanjut hingga ia dianggap siap terjun ke masyarakat.
Dalam kehidupan bermasyarakat, seorang individu dituntut untuk menjadi dewasa. Mereka diharuskan ubtuk bisa melakukan sesuatu secara disiplin dan proffesional. Dan di dalam kehidupan bermasyarakat, mereka akan dihadapkan kepada situasi yang berbeda, tidak ada lagi yang akan membantu, mereka dituntut untuk bisa mandiri dalam melaksanakan semua kegiatan.

      Untuk dapat hidup bermasyarakat, setiap manusia melalui berbagai proses yang panjang dan mereka sedriri lah yang akan mementukan jalan hidupnya masing-masing .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar