Sabtu, 06 November 2010

Pemuda dan Sosialisasi dalam Masyarakat

       Di era globalisasi seperti kehidupan sekarang ini, pergaulan dan sosialisasi pemuda dalam masyarakat tentu berbeda dengan era sebelumnya, pada masa ini, pergaulan sangatlah bebas dan lepas. Hal ini yang banyak di salah artikan oleh pemuda – pemuda seperti kita, di dalam masyarakat banyak sekali penyimpangan – penyimpangan yang terjadi di kalangan pemuda – pemudi. Hal ini disebabkan oleh derasnya aliran budaya – budaya asing yang secara tidak langsung telah mengubah pola bersosialisasi pemuda-pemudi. Remaja seperti kita rentan sekali akan perubahan karena pada masa remaja, keingintahuan kita akan semua hal membuat kita mencoba-coba dan salah menentukan arah tujuan. Hal ini tentu harus di waspadai mengingat akibat buruk yang akan ditimbulkan. 

       Banyak cara untuk menghindari terjadinya penyimpangan ini, salah satunya adalah dengan berhati-hati akan segala hal, semestinya setiap budaya yang masuk tidak ditelan mentah-mentah, tetapi kita pilah-pilah terlebih dahulu, ikuti budaya yang mendidik dan menjauhi budaya-budaya yang buruk dan tidak mendidik. Jika cara ini kita lakukan, justru hasil baik yang akan kita dapat. Kita akan dapat mempelajari dan menambah wawasan kita akan budaya-budaya asing yang ada. 

       Sebenarnya kita sebagai pemuda harus pintar-pintar memilih mana yang baik dan mana yang buruk untuk kita. Jangan sampai budaya dan segala penyimpangan menjerumuskan kita dan merusak masa depan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar