Rabu, 05 Oktober 2011

Kemunculan New Media Dalam Kehidupan Masa Kini


     Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, banyak bermunculan media2 baru dalam berkomunikasi, bermain, atau sekedar berbagi hal-hal lain. Seperti contohnya facebook, twitter,  dan lain2. Kemunculan-kemunculan berbagai media baru ini tentu membawa berbagai dampak dan manfaat bagi kehidupan masyarakat, baik itu baik atau buruk..

    Pada dasarnya,, manusia adalah mahluk sosial yang amat perlu berkomunikasi. Untuk itu, berbagai new media menawarkan fitur2 yang dapat berguna bagi kita dalam berkomunikasi secara praktis, mudah dan murah. Hal ini tentu amat sangat bermanfaat untuk kehidupan.. dengan adanya berbagai jejaring sosial seperti sekarang ini, kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan sahabat-sahabat kita kapanpun dan dimanapun,, dan tidak hanya berkomunikasi, kita juga bisa bertukar informasi, berbagi hal-hal lain kepada teman2 kita.

     Hal ini pun disambut amat baik, mendapat respon yang amat luar biasa dari penduduk dunia. Terbukti dengan terus bertambahnya jumlah user dari jejaring sosial tersebut.
Namun, seiring dengan perkembangannya. Banyak sekali terjadi penyimpangan2 dalam berbagai new media ini,, dan tentu membawa dampak buruk bagi kita. Sekarang ini, banyak diantara kita (remaja-remaja) yang amat ketergantungan akan hal ini. Bisa ditemui disekitar kita, bahkan diantara kita.



     Banyak diantara kita yang seperti kecanduan online,, sdikit-sdikit rasanya ingin online, hanya sekedar melihat-lihat hal yang kebanyakan tidak penting. Kemudian bentuk penyimpangan lain yang bahkan lebih buruk adalah banyaknya terjadi tindak kriminalitas,, seperti penipuan,, hacking,, berbagi hal-hal yang bersifat negatif dan merugikan, bahkan menjerumuskan orang lain. Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan. Terlebih tindak kejahatan yang dilakukan melalui media internet amat sulit untuk di cari pelakunya. Sehingga banyak yang memanfaatkan hal ini untuk melakukan hal-hal yang tidak bertanggung jawab demi memperoleh keuntungan atau kepuasan pribadi.

     Pada dasarnya internet dan berbagai aplikasi di dalamnya diciptakan untuk mempermudah manusia dalam berkomunikasi dengan orang lain, agar dapat saling bertukar informasi dengan waktu yang singkat dan murah. Dalam penggunaannya, perlu ada kesadaran dan pemahaman akan sesuatu yang kita lakukan didalamnya. Apakah merugikan kita atau bahkan bisa merugikan orang lain juga. Jika hal ini senantiasa kita lakukan, maka manfaat dari new media ini akan menjadi positif, bukan sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar