Minggu, 06 Maret 2011

Langkah – Langkah Membuat Mail Merge

       Pertama yang harus kita lakukan adalah membuat surat atau dokumen utama terlebih dahulu, kemudian untuk memulai membuat Mail Marge buka menu Tools >> Letters and Mailings, setelah itu muncul Mail Merge disebelah kanan layar, langkah selanjutnya adalah :

  • Pilih tipe document yang akan digunakan, pilih letters.. Kemudian Klik “Next : Starting Document”
  • Pilih Use The Current Document, lalu klik “Next : Select recipients”.
  • Tentukan metode pemasukkan data nya, jika kita ingin membuat list baru, maka kita klik  ”Type a new List”.     Lalu akan muncul window “New Add List”, untuk memasukkan kategori field yang baru, klik pada bagian Coztumize, lalu hapus semua field yang tidak dibutuhkan dengan delete, masukkan field baru dengan menggunakan Add…   Setelah selesai, klik “Next : Write your letter “.  
 
  • Setelah itu, akan muncul jendela baru yang digunakan untuk mengedit layout mail merge. jika kita tidak ingin menggunakannya, maka langsung saja klik Next. .
  • Kemudian klik Complete untuk mengakhiri langkah – langkahnya..
  • Untuk memasukkan letak field sesuai dengan yang kita inginkan,, kita gunakan toobar mail merge seperti pada gambar berikut . .

    Kemudian pilih fieldnya, lalu klik insert.. hingga akan muncul bagian field yang di pilih, yang nantinya akan digunakan sebagai letak mail merge..



    Mail Merge pun selesai dibuat, jika document tersebut di print, akan tercetak data sesuai dengan list data yang sebelumnya kita masukkan.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar